Hub: 0857 3655 7299

Selasa, 23 Juli 2013

Langkah langkah pemasangan rangka atap baja ringan

Pekerjaan Atap merupakan bagian terpenting dalam mewujudkan Rumah yang indah dan Asri. Banyak pilihan model dan bentuk Atap yang dapat kita terapkan sesuai dengan selera dan disain kita masing-masing. Ada Atap dengan Rabung 1, Rabung 5, Atap Joglo, dan lain-lain.   

Langkah langkah pemasangan baja ringan yang baik yang harus diketahui agar dalam pelaksanaannya teratur dan terencana dengan baik sehingga tidak membuang waktu yang akan menimbulkan penambahan biaya yang tidak terduga atas kelalaian atau kesalahan dalam pelaksanaannya.

Gambar dibawah ini adalah proses pengerjaan atap baja ringan di perumahan THE IRISH GARDEN REGENCY dan KAV 77 TYPE 70 dengan luas tanah 142 m2
Disini saya coba uraikan Teknis Pemasangan Atap Baja Ringan, seperti contoh Gambar diatas. Kita simak langkah-langkahnya:









1. Pengukuran.

   Kita ukur jarak Batubata atau Ring Balok yang nanti aku menjadi tumpuan (dudukan) bagi   Kuda-kuda Baja Ringan nantinya, misalnya didapat jarak 4 meter.

2. Disain Kuda-Kuda Baja Ringan,

   Berdasarkan data jarak tumpuan yang didapat (4 meter tadi), lakukan disain Kuda-kuda Baja Ringan. Dalam mendesain ini harus memperhatikan faktor, misalnya: Kekuatan    Kuda-kuda dalam menahan Beban Atap (Genteng Batu atau Genteng Metal), Kemiringan Rencana Atap Kuda-kuda (agar air hujan nantinya dapat mengalir dengan lancar),    serta menentukan Panjang Top-Chord agar rintisan air hujan nantinya cukup jauh dan tidak mengenai dinding rumah secara langsung.

   Saya sarankan untuk menggunakan Jasa Konsultan (tenaga ahli) dalam disain Kuda-kuda Baja Ringan ini, apalagi untuk bentang Kuda-kuda yang lebar dan menggunkan Atap    Genteng Batu/Keramik.

3. Pelaksanan Pemasangan Kuda-kuda Baja Ringan,

   Setelah disain selesai, kita bisa mulai melakukan pemasangan Kuda-kuda. Dimulai dengan fabrikasi Kuda-kuda Baja Ringan yang dilakukan di daerah yang datar. Lalu    dilanjutkan dengan memasang Kuda-kuda tersebut di atas rumah (menggunakan Dynabolt), dilanjutkan dengan penguncian (Skor Angin) agar tercipta struktur yang kaku dan    kuat.

4. Pemasangan Reng Baja Ringan,

   Pemasangan reng ini harus mengacu pada Jenis Atap atau Genteng yang akan digunakan. Karena reng tersebut sebaiknya harus pas dengan Lebar Daun dari Atap yang akan    digunakan. Jadi jarak antar Reng ini tidak selalu sama, tapi tergantung Jenis Atap yang akan digunakan.

5. Pemasangan Seng atau Genteng,

   Dalam memasang seng atau genteng sebaiknya dilakukan dengan rapi dan rapat, untuk mencegah terjadinya kebocoran pada atap saat terjadi hujan.

6. Pemasangan Rabung, Nok Pinggir, dan Flashing,

   Pemasangan ketiga komponen ini tidak kalah pentingnya, mesti dilakukan dengan kuat, rapi, dan teliti. Ini untuk mencegah tercegah terjadi kebocoran dan menciptakan    kerapian.

   Demikian tips memasang Atap Rumah dengan menggunakan Rangka Baja Ringan. Mudah-mudahan tips ini berguna dan bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

Kutunggu Komentar Anda Yang memotivasi